Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak

Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak - Hallo pembaca Resep Enak,Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak, kami telah mempersiapkan Resep ini dengan baik untuk anda para pencinta kuliner luar maupun dalam negeri. mudah-mudahan Artikel ikan, Artikel Lauk Pauk, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat mempraktekkan, Salam Enakk dari kami.

Judul : Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak
link : Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak

Baca juga


Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak

Abon ikan tongkol yang dikenal dari daerah manado bercita rasa pedas dan gurih. Abon ikan tongkol memang sangat nikmat dijadikan teman makan siang. Abon ikan tongkol ada yang menyebutnya abon ikan cakalang dan abon ikan tuna ini juga bisa dijadikan makanan sehat untuk balita lho tapi jangan yang pedas ya anda bisa mengurangi cabe yang digunakan untuk membuat abon ikan tongkol untuk balita.

Resep abon ikan tongkol selain enak dan mudah dibuat juga bisa bertahan cukup lama, sehingga abon daging ikan tongkol ini bisa jadi cadangan sedap untuk lauk anda. Bagi anda yang ingin membuat abon ikan tongkol berikut resep abon ikan tongkol gurih selengkapnya. Sebelum memasak abon ikan tongkol mungkin anda juga ingin mencoba resep cumi asam manis pedas.

resep memasak abon ikan tongkol

Bahan Abon Ikan Tongkol Pedas
300 gram ikan tongkol
1 batang serai ambil putihnya saja.
3 lbr daun jeruk purut, iris halus
3 sdt gula merah
1 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jinten
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
6 butir cabai rawit
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
2 sdm minyak untuk menumis
1 sdm air asam jawa
2 lbr daun salam
1 sdt garam


Cara membuat abon ikan tongkol Gurih :
1. Bersihkan ikan tongkol lalu cuci bersih. Agar ikan tongkol tak bau amis dan terasa gatal Remas remas memakai air asam jawa dan garam lalu Diamkan 15 menit. kukus ikan sekitar 15 menit, pisahkan duri dengan dagingnya lalu haluskan.
2. Sangrai daging tongkol dengan api yang kecil sampai kering sambil diaduk agar tak gosong. Masak sampai daging ikan telah remah, kering dan tidak menggumpal, angkat dan sisihkan.
3. Haluskan jinten, bawang, ketumbar, cabe, kunyit, serai, lengkuas, jahe, gula dan garam. Lalu tumis bahan halus dengan wajan bekas menggoreng ikan tongkol sampai harum.
4. Masukkan air asam jawa, daun salam dan daun jeruk, aduk sampai daun layu. Matikan api
Selanjutnya masukkan ikan tongkol yang sudah disangrai ke tumisan bumbu, aduk sampai bumbu abon ikan tongkol tercampur merata.
5. Hidupkan kompor kembali dan masak abon ikan tongkol sekitar 5 menit sambil diaduk aduk. Angkat dan siap dinikmati

Abon ikan tongkol enak ini bisa kita jadikan lauk nasi atau juga bisa dijadikan isi roti atau dijambal juga enak. Kalau memasak abon dari ikan tongkol biasanya si gak pernah bisa tahan lama, soalnya sudah habis duluan saking enaknya. Selamat mencoba resep membuat abon ikan tongkol, semoga bermanfaat.

Info Manfaat Ikan tongkol : Ikan tongkol dipercaya bisa menjaga Kesehatan Mata, Dapat Mencegah Anemia, Menjaga kesehatan jantung, Melindungi saluran pencernaan, Kaya Akan Protein Mencegah terjadinya obesitas.


Demikianlah Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak

Semoga Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak mudah di pahami dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di resep masakan atau minuman Enak lainnya, Salam enakk .

Anda sekarang membaca Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak dengan alamat link http://blogetam.blogspot.com/2015/08/resep-abon-ikan-tongkol-pedas-gurih-enak.html

0 Response to "Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Enak"