3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak

3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak - Hallo pembaca Resep Enak,Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak, kami telah mempersiapkan Resep ini dengan baik untuk anda para pencinta kuliner luar maupun dalam negeri. mudah-mudahan Artikel sambal, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat mempraktekkan, Salam Enakk dari kami.

Judul : 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak
link : 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak

Baca juga


3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak

Ada banyak jenis sambal di Indonesia dari berbagai daerah, semua memiliki ke khasan dan cita rasa tersendiri. Diantaranya adalah sambal dabu dabu, Sambal Khas Manado yang terkenal dengan rasanya yang pedas dan enak. Cara membuat sambal dabu dabu sangat praktis dan cepat tanpa perlu dimasak. Kemudian sambal bajak yang enak dari jawa tengah, cocok untuk dinikmati dengan aneka gorengan atau untuk melengkapi aneka menu masakan dan juga sambal bawang yang spesial. Aneka sambal ini bisa dinikmati dengan nasi, ayam, atau aneka menu ikan yang lezat.

Untuk membuat sambal spesial ini ada baiknya kita gunakan bahan bahan yang masih segar, Jangan malas untuk menguleg sambal agar hasilnya makin halus dan rasanya semakin enak. Kalau  sambal mau digoreng gunakan api kecil sampai matang kemerahan. Agar rasa sambal pas, perbandingan gula dan garam harus pas, jangan ragu untuk dicicipi. Bagi anda yang ingin membuat sambal super pedas enak dan gak ribet, aneka resep sambal praktis khas nusantara ini bisa anda coba.

Resep membuat sambal bajak dabu dabu bawang

1. Resep Sambal Dabu Dabu

Bahan Sambal Dabu Dabu
Cabe rawit 30 butir
tomat 1 buah potong kotak
bawang merah 3 butir
air jeruk nipis 1 sdt
air jeruk lemon 2 sdt
garam secukupnya
daun kemangi 

Cara Membuat Sambal Dabu Dabu

Uleg cabe, bawang, tomat, dan garam. Tambahkan air jeruk nipis dan jeruk lemon, aduk rata. Beri daun kemangi aduk rata ( bila suka ). Sajikan.

2. Resep Sambal Bajak

Bahan Sambel Bajak
serai 1 batang  ( geprek )
daun salam 2 lembar
daun jeruk 2 lembar , buang batang tengahnya lalu iris tipis
air asam jawa 2 sdm
gula merah 1 sdm , serut
terasi 1 sdt bakar
tomat 3 buah
air 100 ml
minyak goreng 2 sdm

Bumbu Uleg Sambal Bajak
cabe keriting merah 12 buah
cabe rawit merah 8 buah
bawang merah 6 butir
bawang putih 3 siung

Cara Membuat Sambal Bajak :
1. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu uleg, daun salam, serai, daun jeruksampai harum. Tuangkan air asam jawa plus air selanjutnya masukkan terasi, tomat dan gula merah. Aduk rata, masak sampai mendidih dan air menyusut, angkat.

3. Resep Sambal Bawang

Bahan Sambal Bawang
Cabe merah 11 buah
Terasi
tomat merah 1 buah ( iris, goreng sebentar )
gula merah 1 sdt
bawang merah 7 siung
kecap manis 2 sdm
jeruk nipis 2 sdt
garam  secukupnya

Cara Membuat Sambal Bawang
1. Uleg cabe, terasi, gula, tomat dan garam sampai halus lalu tambahkan bawang goreng, uleg lagi sampai sedikit halus. Beri Perasan air jeruk nipis. Sambal bawang siap dinikamati




Demikianlah 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak

Semoga 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak mudah di pahami dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di resep masakan atau minuman Enak lainnya, Salam enakk .

Anda sekarang membaca 3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak dengan alamat link http://blogetam.blogspot.com/2015/08/3-resep-sambal-praktis-dabu-dabu-bajak.html

0 Response to "3 Resep Sambal Praktis Dabu Dabu Bajak Bawang Pedas dan Enak"